Press "Enter" to skip to content

Amazon Indonesia Datang – Bisakah eCommerce lokal menang Perang?

600 Juta Dollar atau setara dengan 8 triliun rupiah akan digelontorkan oleh raksasa ecommerce Amazon.com untuk penetrasi pasar di Indonesia. Apakah Amazon Indonesia akan membawa budaya Affiliate Marketing menjadi booming di negeri +62?

Apasih Affiliate? cek di sini

amazon indonesia dalam lintangkresnadi.web.id

Dikabarkan dalam laman teknologi.info bahwa Amazon telah bersiap menggelontorkan dananya untuk mengincar pasar ecommerce yang cukup menggiurkan di Indonesia, mengikuti langkah raksasa ecommerce lainnya dari China, Alibaba.

Akan tetapi, masih belum diketahui kapan akan mulai beroperasi di Indonesia. Jika memang eCommerce terbesar di dunia ini resmi beroperasi di Indonesia, maka semua marketplace yang ada saat ini akan ngos-ngosan untuk bertarung head to head dengan ecommerce raksasa ini. Betapa tidak, marketplace besutan Jeff Bezos ini sudah punya rekam jejak lebih lama di dunia maya, sejak 1994, sedangkan ecommerce pertama Indonesia Kaskus saja baru mulai di tahun 1999.

amazon indonesia dalam lintangkresnadi.web.id

Hadirnya Amazon, akan membawa budaya affiliatenya yang sangat kental di negeri barat sana. Sistem affiliate adalah sistem dimana kita bisa merekomendasikan sebuah barang / produk yang dijual di marketplace melalui link unik. Jika terjadi pembelian melalui link unik tersebut, maka kita sebagai pemberi saran / publisher akan mendapatkan komisi. Komisinya cukup beragam, mulai dari 3% hingga 70% (Niagahoster)

Nah, kira kira apa strategi Shopee dan Tokopedia untuk melawan hal tersebut? sekarang ini Shopee dan Tokopedia sebenarnya sudah membuka sistem afiliasinya sendiri, namun karena kurang populer, akhirnya sekarang bentuk afiliasinya dikelola langsung di bawah affiliate network seperti Indoleads dan Involve.asia.

Nah, kita sebagai seller, bisa jadi masuknya Amazon Indonesia ini akan jadi Ground Zero baruyang mana akan menambah luasnya kesempatan produk kita tampil di pengguna lain, sebagai alternatif dari shopee dan tokopedia yang sudah “sumpek”

Mau jualan di Marketplace? pelajari dulu strategi ini

amazon indonesia dalam lintangkresnadi.web.id

Saya rasa sih, nggak butuh waktu lama untuk Amazon masuk ke Indonesia, di Singapura Amazon sendiri sudah diluncurkan sejak kuartal I 2017, serta dikabarkan data center Amazon sudah siap beroperasi di Indonesia pada tahun 2022 (sumber : katadata.co.id). Yang menandakan bahwa Marketplace Amazon Indonesia kemungkinan besar akan siap setahun setelahnya. Who knows?

28 Dilihat
Lintang Kresnadi
Lintang Kresnadi

Graphic Designer, Web Developer, Educator, Social Media Enthusiast. Part-time writer, full-time learner, COO of urbandelta.co.id

View all posts

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.