Press "Enter" to skip to content

Bagaimana Caranya Membuat Website – Tutorial Bahasa Indonesia

Last updated on June 7, 2020

Apa itu CMS dan WordPress?

Sering kita bingung bagaimana sih caranya membuat website? salah satu yang mudah adalah menggunakan Content Management System atau disingkat CMS. CMS adalah sistem software / aplikasi yang memungkinkan kita melakukan manajemen konten secara mudah. Jadi kita cuma perlu menyiapkan materi konten seperti teks / artikel, gambar dan layout saja tanpa perlu melakukan coding untuk membangun websitenya, semua basis kode websitenya sudah dibangun secara otomatis oleh sistem CMS ini. Salah satu CMS yang paling populer di dunia ini namanya WordPress, digunakan oleh lebih dari 36% website di Dunia. Dengan WordPress, kamu tidak perlu memikirkan coding, kita cukup melakukan upload konten di panel admin yang mudah dipahami. Tidak hanya itu, wordpress juga dilengkapi oleh banyak plugin yang siap digunakan yang mana mendukung kita dalam pengembangan website, mulai dari SEO, Spelling checker, page builder, dll, sehingga membuat website kita tetap tampil unik walaupun sama – sama menggunakan wordpress.

5 Langkah yang harus dilalui untuk Membuat Website WordPress
  1. Memilih layanan Hosting
  2. Memilih Domain
  3. Melakukan Instalasi WordPress menggunakan cPanel
  4. Menentukan Tema
  5. Menambahkan Page Builder

Tutorial ini akan menuntun step by step secara rinci. Pastikan untuk mengikutinya sampai habis.

Langkah #1 : Memilih Layanan Hosting Sekaligus Domain

Untuk membuat website kamu memerlukan setidaknya 2 hal, pertama adalah hosting tempat kamu menaruh database website yang kamu bangun di server online, dan kedua adalah domain yaitu alamat untuk pembaca mengunjungi website kamu. Tanpa kedua hal ini, website tidak akan bisa diakses secara optimal.

Banyak laynaan hosting yang bisa kamu pilih, untuk tutorial kali ini, saya akan menunjukkan dengan menggunakan Niagahoster sebagai pilihan Hosting saya. Sebenarnya langkahnya tidak beda jauh walau menggunakan layanan provider hosting yang berbeda, tapi kalau kamu memutuskan untuk membuat website menggunakan Niagahoster, anda bisa pakai kode kupon ini lintangkresnadi untuk bisa dapat tambahan diskon sebesar 5%.

Baca juga :
Tips memilih Layanan Hosting
Review Penyedia Hosting Paling Top di Indonesia

1. Kunjungi Niagahoster.co.id

2. Pilih paket Hosting

Untuk pemula baiknya menggunakan paket Shared Hosting, yang jauh lebih terjangkau walaupun bandwith lebih kecil dibanding dengan paket lainnya yang lebih mahal. di Niagahoster pilihan paket ada 4, admin sarankan kamu ambil yang paket Pelajar karena ada bonus Domain, jadi kamu bisa langsung Online tanpa perlu repot beli domain di tempat lain, belum lagi menunggu waktu propagasi.

Admin sarankan, kamu memilih paket yang sudah Include Domain ya, walau sedikit lebih mahal, tapi ini bisa memperpendek waktu instalasi kamu. Setelah kamu memilih Hosting yang sesuai dengan kamu, kamu akan dibawa ke halaman pemilihan Domain.

3. Memilih Domain

Baca Juga :
12 Tips pemilihan Domain

4. Periksa Credensials

Setelah menyelesaikan pembelian Hosting dan Domain, maka anda akan mendapatkan detail akun hosting anda via email. Detail login ini yang akan anda gunakan untuk akses Login Member Area dan cPanel nantinya, pastikan simpan credensials ini dengan baik

Langkah #2 : Melakukan Instalasi WordPress

Setelah Hosting anda aktif, maka silahkan login ke akun anda. di Niagahoster, member area dapat diakses melalui : https://panel.niagahoser.co.id/login (Pastikan url login provider pilihan anda di inbox). Selain melalui Member Area, anda juga bisa akses cPanel hosting anda dengan mengetikkan namadomain.com/cpanel di address bar browser yang anda gunakan.

Baca juga :
di mana saya bisa tahu akun dan password cPanel ? cek di sini

Terdapat beberapa metode instalasi WordPress di akun hosting anda, diantaranya adalah :

  1. Metode Installasi via WordPress Manager Niagahoster
  2. Metode Installasi via Softalicious cPanel
  3. Metode Installasi via File Manager (Tingkat Lanjut)
  4. Metode Installasi via FTP

semuanya memiliki hasil yang sama. Namun karena ini tutorial untuk pemula maka admin akan pandu menggunakan metode yang paling mudah dipahami yaitu metode 1, instalasi via wordpress manager

Baca Juga :
Seluruh Alternatif Metode Install WordPress – Guide bahasa Indonesia

Metode Installasi via WordPress Manager Niagahoster

  • 3. Di Left sidebar, pilih WordPress Management > Sites > Install WordPress

  • 4. Pada Halaman Baru ini, pilih nama domain (a) yang sudah anda register bersama dengan hosting
  • 5. Isikan judul website dan deskripsinya (b), bagian ini dapat diganti kemudian hari
  • 6. isikan serta admin login dan password (c). Usahakan selalu mencatat admin login dan password anda, karena ini penting untuk masuk ke sistem CMS WordPress.

  • 7. Jika sudah selesai lanjutkan dengan menekan tombol Install

  • 8. anda bisa masuk ke panel dengan mengakses namadomain.com/wp-admin. Masukkan Login ID dan Password yang sudah anda siapkan di langkah ke 6

Langkah #3 Menentukan Tema / Themes

  • 1. Masuk ke admin panel dengan mengakses namadomain.com/wp-admin , masukkan Login ID dan Password anda.

  • 2. Setelah Masuk ke admin panel, pilh Appearance > Themes untuk memilih tema

  • 3. Pilih tema sesuai dengan kebutuhan anda. Secara default, anda hanya bisa lihat sedikit pilihan tema. Tema lainnya dapat dicari dengan klik tombol Add New Theme

  • 4. Ada banyak pilihan tema yang bisa anda pilih. tercatat setidaknya 3000 tema yang bisa anda pilih. Dalam tutorial ini, admin menggunakan tema Astra Pro

Baca Juga
Komparasi Themes WordPress Terbaik di tahun 2020 – Bahasa Indonesia

Langkah #4 Menambahkan Page Builder

Pada dasarnya, Pagebuilder adalah sebuah plugin. Jadi untuk menambahkannya anda cukup mengakses side bar di admin panel.

  • 1. Plugins > Add New Plugins

  • 2. Ketik di Search Bar “Elementor” > Klik Install Now > Activate
  • 3. Ketik di Search Bar

Terdapat beberapa pagebuilder yang terkenal. Diantaranya SiteOrigin, Elementor, Beaver Builder, Gutenberg, dan Divi. Pilihan personal admin adalah Elementor. Untuk menambahkan elementor ke wordpress anda cukup ketikkan elementor di searchbar.

Baca Juga:
Page Builder Terbaik WordPress 2020 – Review Bahasa Indonesia

Pagebuilder penting bagi pengembangan visual website anda. Memahami pagebuilder dapat meningkatkan tampilan visual website menjadi lebih maksimal. Tenang, pagebuilder Elementor sangat mudah digunakan, anda dapat menguasainya bahkan tanpa pengetahuan koding sama sekali.

Langkah #5 Melakukan Desain

Nah, tahap ini merupakan tahap yang paling menyenangkan, dari keseluruhan tutorial caranya membuat website. Karena, kita akan lebih banyak “bermain” di area visual bukan lagi di area teknis. Dengan adanya pagebuilder, proses pembuatan website dapat dilakukan dengan sistem drag and drop. Jangan lupa aktifkan dulu Plugin Elementor di Tab “Plugin”

  • 1. Pilih Pages > Klik Add New

  • 2. Beri nama “Homepage” > klik tombol “Edit with Elementor”

  • 3. Klik “Astra Starter Pages” dengan Icon warna Ungu di page

  • 4. Pilih Theme yang sesuai > Klik
  • 5. Klik Import Website

Anda bisa lakukan kustomisasi baik di bagian tulisan, gambar hingga elemen icon dan pendukung. Jangan ragu untuk eksplor seluruh tools yang tersedia di Elementor, karya yang berkualitas selalu hadir dari buah kerja keras mengembangkan kapasitas diri. Ini contoh website yang sudah saya buat dari tutorial ini

Kesimpulan

Kurang lebih, seperti inilah carnaya mmbuat website dengan wordpress. Membuat website menggunakan wordpress adalah salah satu alternatif solusi memiliki website dengan cara yang mudah dan harga yang relatif terjangkau untuk usaha anda. WordPress juga bisa digunakan untuk anda yang sedang menajalankan projek website, walaupun tidak memiliki pemahaman koding yang memadai. Namun, seluruh kemudahan wordpress datang dengan sedikit kekurangan. anda tidak bsia melakukan kustomisasi yang terlalu advance, fungsionalias websitepun terbatas hanya di web blog, profil perusahaan, dan ecommerce sederhana.

36 Dilihat
Lintang Kresnadi
Lintang Kresnadi

Graphic Designer, Web Developer, Educator, Social Media Enthusiast. Part-time writer, full-time learner, COO of urbandelta.co.id

View all posts

2 Comments

  1. Ernata Ernata

    Untuk membuat web wallpaper lebih bagus mana antara wordpress ato yg berbayar misal membuat web wallpaper dari niagahister?

    • hai, lebih baik yang berbayar, karena lebih profesional. yang gratisan sering dianggap nggak serius

Leave a Reply

Your email address will not be published.