Last updated on July 17, 2020
Halo, bertemu lagi dengan saya Lintang, kali ini kita akan coba bedah sedikit nih tentang salah satu rahasia laris jualan di shopee ala Sawargi Snack. seller di Shopee yang ternyata penjualannya sudah mencapai 4.7 Milyar dari satu produk saja. Keren kan? . Untuk versi singkatnya bisa kamu baca di microblog IG saya di @lintang.kresnadi
Rahasia Jualan laris di Shopee Sawargi Snack
- Siapa sih Sawargi Snack
- Infrastruktur Digital
- Winning Product
- Killer Offer
- Riding the Trends?
- Ngobrol Langsung dengan Pemilik
- Kesimpulan
1. Siapa sih Sawargi Snack
Sawargi snack adalah toko online yang produk utamanya adalah kripik pedas dan gurih asli bandung. (klik gambar untuk menuju toko).


Hingga tulisan ini dibuat (21 Juni 2020) Sawargi Snack telah mencatat penjualan yang fantastis, hingga puluhan ribu jumlahnya. Hal ini membuat sawargi snack merupakan salah satu toko online terlaris kategori makanan di Shopee, bahkan penjualannya jauh lebih tinggi daripada Garudafood dengan Chocolatos Drink nya. Produk Terlaris dari Sawargi Snack adalah Keripik Kaca varian 1/2kg dan 1Kg. Jika ditotal, toko ini sudah menjual sebanyak 89rb Kilo keripik kaca, memiliki omzet, 89rb pcs x Rp 53.000 = 4,717.000.000, Wow!
Nggak punya produk tetep bisa jualan dengan Afiliasi, Di sini tutorialnya
2. Infrastruktur Digital
Awalnya saya juga kaget, ternyata ada toko online yang larisnya ampun-ampunan kayak gini. Karena penasaran apasih rahasia jualan laris di shopee, saya coba teruskan riset (baca : stalking). Setelah dicek, Sawargi ini memiliki infrastruktur digital yang cukup OK. didominasi oleh Shopee dan 2 marketplace lainnya, Tokopedia dan Bukalapak

Tapi yang aneh adalah, Sawargi snack tidak terlalu mengoptimasi website dan sosial media. Padhal sudah sebesar ini. Lalu darimana datangnya traffic yang luar biasa ke toko onlinenya ya? kita bakal bahas satu persatu, sesuai hipotesis saya

cara jitu jualan online cepat laku dengan SEO
3. Winning Product
Sawargi Snack berfokus ke kripik pedas dan gurih, dengan volume yang besar (1/2 Kg dan 1 Kg) ini merupakan produk yang sangat jarang kita temui di marketplace mengingat produk yang lain selalu mengedepankan kemasan, dan hanya ada pilihan 100gr / 250gr. Sawargi berani tidak melakukan branding produk, hanya fokus ke kualitas. Karena yang diincar sejatinya adalah reseller

Tidak hanya bermain quantity, snack Sawargi sangat ketat dalam menjaga kualitas rasa. Owner dari Sawargi Snack pun tidak ragu ragu untuk menaikkan harga produknya, demi menjaga kualitas. Karena memang Sawargi percaya, produk itu nomor 1, harga nomor sekian.

4. Killer Offer
Produk merupakan salah satu elemen rahasia laris jualan di shopee. Tentu, produk yang bagus saja tidak cukup donk untuk menarik minat pembeli. Produk yang baik wajib memiliki killer offer. Buat yang belum tau bedanya, kalau produk itu benda matinya, offer itu cara menawarkannya (sales, promo, dll). Nah, Sawargi sendiri dengan cerdik memainkan fungsinya sebagai supplier untuk para reseller kripik dengan memberikan offer ini

Poin pentingnya. dropship dilayani, Beli 10kg ongkir hanya 3.600 Rupiah. Gimana kita yang reseller nggak pengen tuh beli produk ini? belum lagi kualitas yang dijaga ketat, bikin produk kita konsisten dan cukup fokus di penjualan aja.
Punya produk yang juara, dan penawaran yang nggak terelakkan membuat produk ini bukannya makin laris aja, tapi pembelinya pasti balik beli lagi.
5. Riding the Trends?
Saya tetep penasaran, kenapa orang bisa tertarik ya untuk membeli produk ini? sama seperti website, optimasi on-page tidaklah cukup tanpa optimasi off-page. Karena trend juga salah satu elemen penting rahasia laris jualan di shopee. Saya cek lewat keyword di Google Trends, agar kita bisa tahu, sejak kapan sih kata kunci “Keripik Kaca” itu mencuat.

Ternyata, tepat pada tanggal 5-11 April, munculah kata kunci trending “Keripik Kaca”. Hal ini disebabkan oleh obrolan iseng akun publik di twitter yang bernama @food_fess, dia tampak sedang memasak jajan yang kayak “plastik digoreng”

Tweet ini sampai mendapatkan 4.1K comment, 1.7K retweet dan 13.1K likes. WOW! nggak nyangka ternyata twitter punya impact yang gede banget ya. Hal ini membuat akun ini difeatured di Line today dan website berita online lainnya

(klik gambar untuk melihat sumber aslinya)
Ternyata, satu tweet saja sudah cukup untuk menggemparkan search engine dari google dengan 1 kata kunci “Keripik Kaca”
6. Ngobrol Langsung dengan Pemilik
Setelah hasil riset saya buat, dan desain. lalu saya upload di Instagram @lintang.kresnadi , nggak disangka, pemilik dari Sawargi snack ini langsung approach, humble banget!. nah ini dia kira-kira obrolan kami.
Dari hasil obrolan ini, ternyata hipotesis saya salah bahwa salah satu rahasia laris jualan di shopee dari sawargi snack adalah trend yang sedang happening. Rahasia utamanya adalah Sawargi snack ini memang sudah kuat infrastruktur digitalnya, dia juga sudah cukup mapan di shopee dan dipilih sebagai salah satu mitra yang ekspor ke manca-negara. WOW banget kan.
7. Kesimpulan
Untuk bisa sukses di Marketplace maupun jualan online, kita nggak cukup cuma punya produk bagus. Kita juga wajib punya offer yang bagus. Trend juga punya peran penting, tapi tanpa infrastruktur digital yang memadai (marketplace, social media, website), trend akan lewat begitu saja tanpa bisa kita manfaatkan dengan maksimal.
Itu saja pembahasan rahasia laris jualan di shopee. Sedikit banyak mungkin bisa diduplikasi di bisnis kamu. Yakin masih mau nunda punya website toko onlinemu sendiri?
Bikin websitemu sendiri GRATIS
Good job Lintang! One of a kind nih. Jarang banget nemu tulisan seperti ini dari orang berbahasa Indonesia (kl dr tulisan bule trus ditranslate sih banyak…)
Terusin nulis bagusnya ya Lintang, jadi haus info2 keren seperti ini.
Wah, terima kasih banyak apresiasinya mbak Gita, jadi bikin tambah semangat belajar nulis. Sejujurnya saya baru banget ini belajar nulis, makanya banyak menggunakan kata yang kurang baku. Apresiasi dari senior2 penulis seperti mbak Gita ini yang bikin saya tambah semangat nulisnya. Terima kasih ya 🙂 btw, websitenya mbak Gita bagus, sayang saya ga pakai hijab. ha ha ha
Keren banget tulisannya, sangat bermanfaat dan menginspirasi. Semangat terus kak
Thank you! senang kalau tulisan sederhana saya ini bisa memberikan manfaat buat temen temen. Salam sukses selalu!
Awesome article! subscribe for notification! 🙂