Press "Enter" to skip to content

Thriftshop, Apakah Layak Diperjuangkan?

Last updated on July 28, 2020

Hai, bertemu lagi dengan saya lintang kresnadi di website pribadi saya. Mohon maaf nih agak lama nggak update, karena baru aja punya anak pertama, dan anak ini kami urus berdua saja, saya dan istri. Kami masih kagok dalam pembagian waktu dan tugas, namun sekarang sudah mulai ketemu polanya, eh malah curhat

Pandemi COVID 19 memang sangat istimewa, tidak hanya menghancurkan pekerjaan, namun juga melahirkan ide ide bisnis yang luar biasa. Salah satunya adalah bisnis jual baju bekas, atau istilah kerennya preloved stuff / thrift shop. Sempat tren beberapa waktu lalu, namun mulai menurun belakangan. Apakah masih layak untuk diperjuangkan?

Versi TLDR dapat dibaca via Microblog Instagram

Thriftshop Apakah Layak Diperjuangkan

Apa Kata Google?

http://trends.google.com

Google Trends mencatat, kata kunci Thrift Shop sempat mencapai puncaknya dimulai dari peningkatn pada 2 Mei, hingga mencapai puncaknya di 20 Juni (1 bulan 3 Minggu) yang kemudian diikuti dengan terjun bebasnya pencarian kata kunci ini di minggu selanjutnya. Namun, jika diperhatikan kata kunci yang lebih “membumi” baju bekas, punya volume pencarian yang cukup tinggi sejak dulu kala. Sebenarnya apa sih yang bikin kata kunci Thriftshop ini naik pesat.

Jika Kita ketikkan kata kunci thrift shop di google, ada keyword suggestion yang unik, ternyata kata kunci “thrift shop lirik” mendapatkan cukup banyak perhatian di bulan ini

Ternyata lirik yang dimaksud ini adalah lirik lagu tahun 2012 yang Berjudul Thriftshop karya dari Macklemore

Kira kira, apa platform yang membuat lagu lawas dan unik kembali keangkat di tahun 2020 ini? ya, anda benar. Tiktok

Ada sebuah challange bernama #kastichallenge yang menggunakan lagu Thriftshop karya Macklemore. Hashtag ini dilihat oleh lebih dari 9000 orang saat masih ramai ramainya. Tapi kok kurang banyak ya untuk bisa menggerakkan google trends.

Asumsi kedua saya ada juga #thrifting #thriftinghaul dan #thriftshopindonesia yang top videonya memang menunjukkan akun akun tiktok yang sedang hunting produk thrift sebagai alternatif belanja pasca pandemi. Ini yang membuat kata kuncinya sempat meledak.

sepertinya kegiatan hunting barang bekas ini akan menjadi gaya hidup baru anak muda generasi Y dan Z sebagai langkahnya untuk tampil beda dan gaya di waktu bersamaan.

Tren kata kunci ini bertahan tidak lama, hanya 1 bulan-an saja di Google Trend. Tapi apakah benar trend produknya sendiri memang hanya 1 bulan an?

Baca Juga
Analisa Saya Terhadap Tren Piyam ikut atau tinggalkan?

New-Lifestyle

Kondisi pasca pandemi memaksa kita untuk menghemat pengeluaran sebaik mungkin, padahal “passion” untuk belanja barang branded susah sekali untuk diredam, nah solusi terbaiknya adalah belanja barang pre-loved / thrifting. Bayangkan, produk seperti Play Crewneck harga barunya bisa mencapai Rp 900.000 sedangkan thriftnya bisa dibanderol dengan harga 90 ribu saja (tinggal 10%)

Belum lagi rasa kepuasan tersendiri kalau bisa menemukan “harta karun” di tumpukan barang bekas yang dijual di pasar senen, jelas experience nya jauh melebihi belanja barang branded di mall kenamaan, setidaknya untuk saat ini

Pijakan Kaki yang Kuat di Sosial Media

Tercatat Hashtag #thriftshopindo dan #thriftshopmurah sudah memiliki 244 ribu dan 141 ribu postingan sejak pertama kali digunakan.

Menandakan hashtag ini sudah cukup matang karena hanya akun dengan followers 10rb ke atas yang mempunyai kesempatan “Nangkring” di top post tiap minggunya.

Tidak hanya itu, hashtag #thriftshopindo mendapatkan hingga 5.4 juta views di tiktok. Tiktok sekarang memang nggak bisa diremehkan sebagai salah satu channel penjualan.

Perilaku Ini semakin menegaskan runtuhnya para raksasa brand fashion di dunia, karena pengguna pemulanya mulai lebih beralih ke produk bekasnya saja, tidak perlu beli baru. Toh, bangganya sama ye kan?

E-Commerce New-Daring

Kata kunci Thriftshop ternyata juga punya jumlah pencarian yang tinggi di Shopee, tercatat ada setidaknya 51ribu pencarian di bulan ini untuk katakunci Thriftshop dan hingga 100rb lebih untuk kata kunci thrift. Dan, harga per kliknya sangat murah, hanya Rp 150.

kata kunci inipun minim banget yang ngiklan, kalau kita coba telusuri hanya nampak 1 listing di kata kunci Thrift shop. Kesempatan banget

coba kalau kita bandingkan dengan kata kunci populer lainnya, Tas Selempang. Untuk volume pencarian yang jauh lebih kecil (18rb) kita harus merogoh kocek hingga 1.600 rupiah per klik. 100 kali klik sudah 160.000 padahal bisa jadi conversion ratenya hanya 10%

Di kategori ini kita harus bersaing dengan para star seller di baris pengiklan, dengan harga jual yang nggak masuk akal juga. Jika UAC (User Acquisition Cost) 16rb rupiah, dengan harga jual 34rb rupiah , berarti biaya mendapatkan kustomernya bisa hampir 50%. Seller pemula tentu harus menghindari ini donk

Jadi, kebayang kan gimana untungnya bisnis thriftshop di tahun 2020 ini? bisa jadi ini bakal jadi trend lho kedepannya.

Baca Juga
6 Tips Optimasi Akun Shopee

Kesimpulan

Banyak bisnis muncul di masa Pandemi ini, namun banyak juga Ide bisnis brilian yang baru muncul. Thriftshop kemungkinan akan menjadi salah satu ide bisnis brilian. Didukung dengan semakin sedikitnya store fesyen branded di mall kenamaan entah karena pailit atau memang tidak relevan lagi, Belanja baju bekas bermerk atau istilah gaulnya #thrifthaul ini akan sedikit banyak merubah gaya hidup generasi muda pasca pandemi ini.

Semoga Bermanfaat


Buat kamu yang belum tahu nih, saya dan tim sedang mengembangkan sebuah produk bernama Lapakninja.com produk ini fokus di pengumpulan data toko online terlaris di 2 marketplace, shopee dan tokopedia, untuk bikin kamu lebih mudah riset produk sebelum memutuskan terjun ke marketplace, atau cari supplier untuk dijual lagi di Sosial media. Saya juga buatin grup privat khusus buat kamu yang pakai produk ini, di grup ini saya akan bahas secara live dan update terkait produk yang punya potensi meledak di waktu dekat, biar kamu nggak ketinggalan momen nya.

Khusus di Bulan Juli, dengan bayar sekali, kamu bisa akses database dan grup selama 3 bulan penuh!. Buruan sebelum masa pre-launch nya berakhir!

sponsored
100 Dilihat
Lintang Kresnadi
Lintang Kresnadi

Graphic Designer, Web Developer, Educator, Social Media Enthusiast. Part-time writer, full-time learner, COO of urbandelta.co.id

View all posts

2 Comments

  1. april april

    bagus banget isi blog nya , kebetulan baru mulai usaha thrift , dari sini baru tau kalau bisa pasang iklan pakai kata kunci , sangat bermanfaat mas blog nya

    • Terima kasih ya udah mau mampir. Iya iklanin aja kak, pengalaman temen temen sih worth it banget ngiklan. Apalagi kata kunci thrift harganya murah banget wajib dicoba

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Raih EBook 100 Penjualan Pertama Marketplace GRATIS

Dapetin 100 Penjualan Pertamamu di Marketplace itu GAMPANG BANGET kalau tau strateginya. Belajar tentang riset pasar, optimasi akun sampai pemanfaatan sosial media buat tingkatin penjualanmu sekarang juga. GRATIS

informasi anda kami jaga kerahasiaannya