Press "Enter" to skip to content

Tips Jualan di Shopee – 6 Trik Ampuh di 2020

Last updated on July 28, 2020

Setelah munculnya pandemi, membuat kita para pebisnis pemula ini dipaksa untuk bisa mengoptimasi apapun yang kita miliki hari ini. Tidak sedikit juga yang harus berani banting stir memulai berjualan di marketplace salah satunya shopee. Sayangnya, ketika kita sudah mulai masuk ke marketplace, salah satunya shopee, toko kita bukannya ramai pembeli, melainkan makin tenggelam dimakan waktu. Nah, gimana sih tips jualan di shopee cepat laku? ikuti trik nya di sini

Versi TLDR bisa dilihat di microblog saya @Lintangkresnadi

Materi di blog ini saya ambil langsung dari Youtube Channel dari Christina Lie @Christinalie27

Tips Jualan di Shopee – 6 Trik Ampuh di 2020

  1. Kenapa Harus Optimasi?
  2. Strategi Follow / Un-follow
  3. Riset Keyword
  4. Rutin Upload
  5. Photo Post vs Video Post
  6. In-App Ads (Iklan)
  7. Social Media Share
  8. Kesimpulan

Kenapa Harus Optimasi?

Pertanyaan pertama yang muncul adalah, kenapa sih kita harus optimasi? bukannya jualan online aja udah cukup ya? bukannya dengan upload aja udah kelihatan ya?

Sebelum menjawab ini, sekarang kita coba bareng bareng lihat interfacenya Shopee di tahun 2020

Dari ujung atas sampai ujung bawah, nggak ada kesempatan untuk toko online pemula tampil di halaman utama, halaman yang paling banyak dikunjungi di toko online ini. Jadi kesempatan kita bisa tampak adalah di kolom search dan di followings kita jika kita upload produk. Maka dari itu, optimasi shopee tahun 2020 itu sangat penting banget nilainya.

Dengan akun yang teroptimasi, maka kesempatan tampil lebih besar dan kesempatan barang terjual pun lebih tinggi. Nah bagaimanakah caranya? yuk lanjut ke bawah

#1 Follow / Un-Follow

Sama seperti Instagram jaman dulu, strategi follow/unfollow cukup efektif untuk menambah jumlah follower. Strategi ini kita lakukan dengan harapan akun yang kita follow akan mencoba untuk follow back kita kembali.

Perhatikan, untuk melakukan strategi ini, kamu wajib kepoin toko terlaris di kategori kamu. Misalnya nih Kaos Cowok. Cari yang penjualannya paling tinggi

Klik saja, terus scroll ke bawah ke bagian penilaian produk. Pilih yang Bintang 4 dan 5

Klik ke salah satu reviewernya, Klik Follow. Lakukan ini sebanyak mungkin, bahkan Ko Awei sendiri menyarankan minimal 100 per hari. Romusha, banget!

Di akhir minggu, jangan lupa untuk Unfollow yang tidak follback. Untuk mempercantik tampilan toko kamu

#2 Riset Keyword

Hal ini penting untuk toko onlinemu, jangan sampai produk yang kamu tawarkan ternyata tidak ada peminatnya di jagad per-shopee-an. Ada beberapa teknik riset yang bisa kamu lakukan di Shopee, cara termudah adalah melalui Searchbox

Semua kata kunci yang ada di sini adalah kata kunci yang paling sering dicari. Mungkin kalau produkmu umum (seperti kaos cowok) bukan masalah ya untuk masuk ke marketplace dengan keyword seadanya. Tapi kalau produkmu agak unik seperti “Ayam Bacem” bagaimana?

TIdak ada suggestionnya. Jadi bisa disimpulkan keyword Ayam Bacem nggak cocok dijual di Shopee.

Nah, sekarang yang jadi permasalahan adalah. Jika kita sudah menemukan kata kunci yang banyak dicari, keyword mana yang terbaik yang perlu kita pilih?

Jawabannya, di akun Iklan seller.shopee.co.id, lho kenapa kok di sini? nah di sini kita bisa lihat volume pencarian atas 2 keyword tersebut. Tinggal kita sesuaikan aja mana yang lebih cocok (dan harga CPCnya lebih murah)

Setelah pilih menu “Iklanku”, Pilih Iklan Kata Kunci Baru. Pastikan kamu sudah upload produk di tokomu ya

Pilih produk yang akan diiklankan > scroll ke paling bawah > pilih + Tambah Kata Pencarian

Masukkan kata kunci yang kita temukan di searchbox. lalu hasilnya tinggal kita bandingkan

Kata Kunci “Kaos Cowok Distro” memiliki volume pencarian sebanyak 22.000 dengan biaya hanya 945 rupiah per klik

Sedangkan kata kunci kaos cowok murah “hanya” dicari oleh 10.000 orang dengan biaya iklan yang lebih mahal, 1.200 per klik. Tuh, dari sini kita bisa tau kan mana kata kunci yang layak dicoba, mana yang nanti dulu

Baca Juga
Thriftshop, Tren yang Booming – Analisis Mendalam
Ada Apa Dengan Piyama? Produk Potensial di Masa Depan

#3 Rutin Upload

Sama seperti sosial media pada jaman awal masuknya. Instagram dan Facebook masih menggunakan alogaritma Chronological / siapapun yang posting akan dilihat oleh semua followernya secara urut, tanpa pengecualian. Begitu juga dengan sistem shopee. Semakin sering kita upload, semakin besar kemungkinan tampil di Tab “Terbaru” dan memberikan notifikasi ke follower kita untuk beli lagi

Maka dari itu, kalau kamu punya produk puluhan, jangan upload semuanya sekaligus di hari yang sama. Dicicil aja, tiap hari 1 / 2 produk aja yang naik, agar kita bisa selalu tampil di halaman ini

#4 Photo Post vs Video Post

Di era digital ini, konsumen sudah semakin pintar dan cerdas dalam memilih produk online. Mereka sudah paham, kalau foto yang bagus saja tidak cukup, karena aplikasi pemercantik tampilan produk sudah tersebar di dunia maya. Maka konsumen butuh video produk untuk meyakinkan

#5 In-App Ads (Iklan)

Mau secanggih apapun Optimasinya, pasti iklan yang pertama menyapa.

someone on comment section

Marketplace ini sudah cukup tua umurnya dan padat penduduknya, maka bukan hal yang aneh kalau shopee memulai tindakan ambil untungnya. Maka dari itu ada sistem Ads yang diciptakan oleh shopee untuk pemilik toko yang ingin tampil di kueri teratas

Idealnya, kueri teratas ini ditempati oleh Star Seller, Shopee Mall, atau toko dengan penjualan yang banyak. Tapi lihat, ada 1 produk yang belum ada penjualan, dan belum ada badge star seller bisa tampil di halaman pertama baris paling atas. Itulah kekuatan iklan

Tapi, tetap saja jika tawarannya tidak menarik (harga, Gambar, judul) hal ini nggak akan banyak membantu. Adanya malah kamu BONCOS!

#6 Social Media Share

Nah, karena shopee yang cukup sumpek, jelas akan susah buat kamu bisa dapat trafik organik kalau hanya memanfaatkan aplikasi shopee untuk dapat pelanggan. Kamu harus proaktif share toko kamu di sosial media, baik facebook atau Instagram.

Nah, karena platformnya Sosial media, jangan lupa juga untuk share hal hal yang menarik, menghibur dan edukatif. Agar bisa dapat engagement lebih tinggi.

Kesimpulan

Marketplace memang sempat jadi primadona bagi penjual offline yang ingin beralih ke Online, namun itu 2 tahun yang lalu. Jika kamu baru masuk hari ini dan berharap mendapatkan penjualan tanpa melakukan apa apa, sebaiknya pikir seribu kali deh, kamu butuh strategi.


Buat kamu yang belum tahu nih, saya dan tim sedang mengembangkan sebuah produk bernama Lapakninja.com produk ini fokus di pengumpulan data toko online terlaris di 2 marketplace, shopee dan tokopedia, untuk bikin kamu lebih mudah riset produk sebelum memutuskan terjun ke marketplace, atau cari supplier untuk dijual lagi di Sosial media. Saya juga buatin grup privat khusus buat kamu yang pakai produk ini, di grup ini saya akan bahas secara live dan update terkait produk yang punya potensi meledak di waktu dekat, biar kamu nggak ketinggalan momen nya.

Khusus di Bulan Juli, dengan bayar sekali, kamu bisa akses database dan grup selama 3 bulan penuh!. Buruan sebelum masa pre-launch nya berakhir!

sponsored
185 Dilihat
Lintang Kresnadi
Lintang Kresnadi

Graphic Designer, Web Developer, Educator, Social Media Enthusiast. Part-time writer, full-time learner, COO of urbandelta.co.id

View all posts

4 Comments

  1. Bermanfaat sekali. Kebetulan saya punya akun dagang di shopee. Terima kasih atas ilmu yang dibagi.

  2. Yoma Mahekda Yoma Mahekda

    Sy baru akan memulai bisnis online, dengan baca tips ini setidaknya sy punya gambaran harus ngapain aja. Terimakasih sudah berbagi ilmu.

    • Sama sama, senang sekali jika artikel sederhana seperti ini bisa membantu teman teman yang baru mulai usaha. Semoga dagangannya laris dan sukses selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Raih EBook 100 Penjualan Pertama Marketplace GRATIS

Dapetin 100 Penjualan Pertamamu di Marketplace itu GAMPANG BANGET kalau tau strateginya. Belajar tentang riset pasar, optimasi akun sampai pemanfaatan sosial media buat tingkatin penjualanmu sekarang juga. GRATIS

informasi anda kami jaga kerahasiaannya